Categories
Otomotif

Dari Bebek Hingga Sport

Geliat pasar motor seken atau motor bekas (motkas) tidak bisa dipandang sebelah mata. Tak ayal pemilik motor hanya golongan orang berduit, wajar jika golongan ekonomi lemah lebih pilih motkas terjangkau.

Namun sejak era leasing dan kemudahan pembelian kredit, sudah tidak ada jarak antara level si kaya dan miskin. Semua bisa punya motor baru bahkan dengan Down Payment (DP) 0 rupiah. “Meski begitu, harga motor lawas seken tetap diminati pasar. Terutama untuk jenis favorit,” jelas Bayu pemilik showroom dan bengkel Mandiri Motor yang beralamat di Jl. Raya Wanadadi-Banjarmangu Km. 12, Linggasari, Wanandadi, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Faktor nostalgia bahkan tak jarang membuat harga motkas yang seharusnya rendah justru melambung. Terutama untuk beberapa seri dari merek unggulan. “Adanya komunitas seperti pencinta RK King dan Suzuki Satria 120 R ikut melambungkan harga motkas,” timpal Alif, pemilik showroom 19 Motor yang buka praktik di Jl. Ki Jagapati 2, No.7, Krandegan, Jawa Tengah.

Sementara itu, mekanik asal Jakarta juga buka suara. “Motor bekas favorit tidak bisa hanya dilihat dari sisi harga yang terjangkau saja, namun perhatikan faktor maintenance seperti spare parts. Semakin langka kuantitas motor akan berbanding lurus dengan suku cadangnya nanti,” papar Wieryo dari bengkel Wieryo Custom Garage Jl. Cipinang Muara No. 2, Jakarta Timur. Faktor lainnya ada dari kemudahan perawatan, konsumsi bahan bakar dan style.

Untuk itu mari kita telisik lebih jauh beberapa motor favorit mulai dari tipe bebek, skutik hingga sport yang pernah jaya di masanya.